2 Hal Penting diketahui Sebelum Membeli Driver LED untuk Merakit Lampu Led

Driver LED bisa menjadi bagian yang membingungkan dari teknologi LED. Ada begitu banyak tipe dan variasi yang berbeda sehingga terkadang terasa agak berlebihan cara penggunaanya. Itu sebabnya saya ingin menulis sebuah posting singkat yang menjelaskan variasi dan kegunaan driver LED, dan hal-hal yang harus Anda ketahui saat memilih driver LED untuk aplikasi lampu penerangan Anda.

Apa sih pengertian driver LED itu?

Driver LED adalah perangkat listrik yang mengatur daya ke LED atau rangkaian LED. Menggunakan catu daya terarah yang mencegah kerusakan pada LED Anda.


Sebagai tegangan maju (V f ) dari daya tinggi LED berubah dengan suhu. Tegangan terusan (forward) adalah jumlah volt yang dioda pemancar cahaya dibutuhkan untuk mengalirkan listrik dan LED menyala.

Seiring kenaikan suhu, tegangan maju LED menurun, menyebabkan LED menarik lebih banyak arus. LED akan terus menjadi lebih panas dan menarik lebih banyak arus sampai LED menyala sendiri, ini juga dikenal sebagai Thermal Runaway .

Driver LED adalah power supply mandiri yang memiliki output yang sesuai dengan karakteristik listrik LED. Driver ini akan membantu menghindari pelepasan termal tak terkendali sebagai driver LED arus konstan mengkompensasi perubahan pada tegangan maju sambil memberikan arus konstan ke LED.

Nah, sedikit dipahami kan sekarang pengertian dan cara kerja driver LED?!.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih driver LED


  • Apa jenis LED yang sedang digunakan dan berapa banyak jumlahnya?
  • Cari tahu tegangan maju yang dipakai LED, disarankan sesuai spesifikasi driver yang ada saat ini.
  • Apakah saya memerlukan driver LED arus konstan atau driver LED tegangan konstan?
  • APakah untuk melewati arus konstan vs tegangan konstan.
  • Jenis daya apa yang akan digunakan? (DC, AC, baterai, dll.)
  • Lari dari AC Lihat bagaimana pengemudi AC akan menguntungkan Anda!
  • Apa tujuan utama dari aplikasi ini?
  • Ukuran, biaya, efisiensi, kinerja, dll.
  • Setiap fitur khusus dibutuhkan sangat perlu?
  • Peredupan, berdenyut, kontrol mikroprosesor, dll.

Pertama, Yang Harus Anda Ketahui ...


Ada dua jenis driver utama, yaitu yang menggunakan daya masukan DC tegangan rendah (umumnya 5-36VDC) dan yang menggunakan daya masukan AC tegangan tinggi (umumnya 90-277VAC).

Driver LED yang menggunakan daya AC tegangan tinggi disebut driver Off-Line, atau driver AC LED. Pada sebagian besar aplikasi menggunakan driver LED input tegangan rendah sangat disarankan. Bahkan jika input Anda adalah AC tegangan tinggi, perlu ditambah dengan menggunakan catu daya switching tambahan, akan memungkinkan Anda menggunakan driver masukan DC.

Driver DC tegangan rendah sangat baik digunakan karena sangat efisien dan dapat diandalkan. Untuk aplikasi yang lebih kecil ada pilihan yang lebih redup dan output yang tersedia dibandingkan dengan driver AC tegangan tinggi sehingga Anda memiliki lebih banyak pekerjaan dengan aplikasi Anda ini.

Jika Anda memiliki proyek pencahayaan umum besar untuk penerangan perumahan atau komersial bisa juga menggunaka driver led AC.


Hal Kedua yang Harus Anda Ketahui

Kedua, Anda perlu mengetahui arus drive yang ingin Anda pada LED. Arus penggerak yang lebih tinggi akan menghasilkan cahaya yang lebih banyak dari LED, dan juga akan membutuhkan lebih banyak watt untuk menjalankan lampu.

Penting untuk mengetahui spesifikasi LED Anda sehingga Anda tahu arus driver dan persyaratan heat sink yang disarankan agar Anda tidak merusak LED dengan terlalu banyak arus atau kelebihan panas.
Terakhir, ada baiknya mengetahui apa yang Anda cari dari aplikasi pencahayaan Anda. Misalnya, jika Anda ingin meredupkan maka Anda perlu memilih driver dengan kemampuan peredupan (dimmer LED).

Semoga penjelasan singkat ini mencerahkan anda menentukan driver apa yang sesuai denga kebutuhan LED di rumah/ industri.
2 Hal Penting diketahui Sebelum Membeli Driver LED untuk Merakit Lampu Led 2 Hal Penting diketahui Sebelum Membeli Driver LED untuk Merakit Lampu Led Reviewed by Ihsan on July 13, 2017 Rating: 5

No comments:

Silahkan komentar yang baik ya...!

Powered by Blogger.