3 Cara Melacak Nomor Polisi Kendaraan Bermotor Tanpa Harus Ke Kantor SAMSAT

Caratekno.com - Plat nomor menjadi salah satu bukti keotentikan terkait kepemilikan sebuah kendaraan bermotor. Setiap kendaraan bermotor baik di Indonesia maupun negara lain memiliki nomor yang berbeda-beda yang bisa diartikan dengan indentitas dan kelegalan sebuah kendaran bermotor.

image credit: Melacak nomor polisi kendaraan bermotor by momobil.id

Layanan cek identitas kendaraan bermotor melalui nomor polisi secara online atau sms memang sudah lama dan bukan berita baru, namun kebanyakan dari mereka yang memiliki kendaran bermotor tidak tahu. Hal ini dirasa sangat perlu untuk  diketahui, karena suatu saat bisa jadi anda akan sangat membutuhkan informasi terkait Nomor polisi sebuah kendaraan. Berikut cara yang bisa anda gunakan untuk cek nomor kendaraan :

Mengecek STNK atau BPKB melalui Website

Melalui informasi yang saya dapatkan dari berbagai sumber, pengecekan nopol kendaraan bermotor melalui website baru tersedia di wilayah Jakarta, Jawa Tangah, Jawa Timur dan Jambi dan beberapa daerah lain. Namun bila anda mengetahui informasi terkait untuk wilayah lain silahkan untuk menginformasikannya lewat komentar di blog ini.
Berikut alamat website yang untuk melakukan pengecekan nopol kendanraan.
DKI Jakarta     http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB/INFO_PKB
Jawa Tengah   http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/
Jawa Timur     http://www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas
Jambi              http://cektagihan.pinsev.com/2013/02/samsat-jambi.html
Medan            http://www.sms1717.net/informasi-stnk.html
Cara melakukan pengecekan juga terbilang cukup mudah, anda hanya di haruskan untuk memasukkan nomor kendaraan yang ingin anda ketahui dan klik submit. Jika memang anda tidak dalam kondisi online, anda bisa lakukan dengan cara yang satu ini.


Mengecek STNK atau BPKB melalui SMS

Selain bisa pengecekan secara online, anda juga dapat melakukan pengecekan plat nomor melalui sms. Selain juga lebih mudah, anda juga mendapatkan keutuntungan yang lebih tentang keterangan kendaraan, mulai dari merk, jenis, warna, warna dan tahun. Untuk melakukan pengecekan STNK via sms tidak semua wilayah sama, kareana setiap wilayah memiliki kode yang berbeda. Berikut beberapa kode wilayah yang saya temukan.

Wilayah DKI Jakarta (Polda Metro Jaya)
SMS dengan format berikut :
METRO Nopol
Contoh: METRO B1244PUT
Lalu kirim ke 1717

Wilayah Provinsi Jawa Barat
SMS dengan format berikut :
poldajbr Nopol
contoh: poldajbr D4555JK
Lalu kirim ke 3977

Wilayah Provinsi Jawa Tengah
SMS dengan format berikut :
JATENG Nopol
contoh: JATENG AD4785KD
Lalu kirim ke 9600

Wilayah Provinsi Jawa Timur
SMS dengan format berikut :
JATIM Nopol
contoh: JATIM L2242DS
Lalu kirim ke 7070


Cara Cek Nomor Polisi Online Melalui Situs SAMSAT

Hayolooo gak punya pulsa SMS buat cek nomor polisi yaa? Nih kalau kamu gak punya pulsa dan punyanya paket internet,  kamu bisa cek nomor polisi melalui situs Samsat sesuai daerah kamu. Tapi, gak semua kota mempunyai website khusus pengecekan nomor polisi ini makanya kamu gak usah repot-repot lagi. Sama seperti pengecekan SMS, kota-kota yang menyediakan layanan pengecekan via SMS. Tidak hanya mengecek pajak kendaraan, kamu juga bisa melihat pemilik kendaraan tersebut.

Jakarta
Halo Abang None Jakarte yang cakep-cakep sekarang gak perlu takut lagi kena razia ketika berada di jalan raya karena sekarang kamu sudah bisa cari aman dan waspada bayar pajak kendaraan sebelum waktunya. Caranya cukup dengan link http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB/INFO_PKB ini kamu tulis nomor kendaraan dan klik Cari

Jawa Barat
Melalui link Polda Jabar http://dispenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/ , kamu sudah bisa mengecek Pajak Kendaraan Bermotor via online. Cukup dengan masukkan nomor polisi kamu dan klik Cari kamu sudah bisa mengetahui berapa pajak yang harus kamu bayar dan masa tenggangnya

Jawa Tengah
Caranya cukup dengan buka website BPPD atau Badan Pengelola Pendapatan Daerah, lalu klik Info Cepat dan pilih Info Pajak Kendaraan atau langsung aja klik disini http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/. Tulis nomor kendaraan kamu ke dalam kolom Nomor Kendaraan dan klik Submit.

Jawa Timur
Akses link berikut dari handphone atau PC kamu http://www.dipendajatim.go.id/index.php lalu pilih menu Info Pajak Kendaraan. Dari situ cantumkan nomor polisi kendaraan bermotor dan isi sandi Captcha.

Banten
Duh di Banten pasti males ya panas-panas keluar rumah pergi ke Samsat cuma buat mengecek nomor polisi saja padahal kamu bisa lho cek melalui http://dppkd.bantenprov.go.id/ dan ketik info PKB pada kolom pencarian website. Tulis nomor kendaraan bermotor kamu dan klik CARI. Hore no more hitam, belang, dan keringetan!

Yogyakarta
Melalui website Informasi Pajak Kendaraan Bermotor dan Nilai Jual Kendaraan Bermotor Yogyakarta, kamu bisa mencari tahu informasi mengenai nomor kendaraan kamu. Klik link berikut http://infonjkbdiy.com/ dan isi dengan nomor plat kendaraan kamu lalu klk Submit.

Aceh
Badan Pengelolaan Keuangan Provinsi Aceh meluncurkan sendiri layanan pengecekan elektronik Samsat. Cek nomor polisi kamu di http://www.esamsataceh.com/ dan asyiknya kamu juga bisa membayar langsung via ATM ke rekening Bank Aceh Syariah yang sudah tertera.

Dengan praktisnya jaman sekarang, kita  gak akan lagi kesusahan untuk mengecek nomor polisi. Apalagi layanan cek nopo online sudah memberikan segudang info mengenai STNK seperti cara perpanjang STNK, syarat perpanjang STNK, dan apa yang harus kamu lakukan apabila STNK kamu hilang. Semoga kita semua tidak lagi ditilang bapak polisi dan aman dari sidang lalu lintas ya!

Sebagai warga yang baik, alangkah bagusnya kita mengikuti perkembangan teknologi yang sedang berkembang, terlebih untuk kebutuhan dan kepentingan bersama. Cara diatas bisa anda gunakan untuk melakukan pelacakan kepemilikan kendaraan yang ingin anda beli, ketika terjadi tabrak lari, dan dapat meminimalkan terjadinya tindak kejahatan terkait kendaraan bermotor. Gunakan cara yang menurut anda lebih mudah tentu juga yang sesuai kebutuhan.Namun untuk mendapatkan info data yang valid alangkah lebih baik untuk langsung mengecek ke kantor samsat. itulah cara cek pajak kendaran bermotor berserta info pemiliknya yang juga dapat anda gunakan untuk melacak kepemilikannya. Terima kasih dan semoga dapat membantu :)

Sumber referensi:
mencarimencara.blogspot.co.id/2016/11/cara-melacak-pemilik-plat-nomor.html
sepulsa.com/blog/cara-cek-plat-nomor-kendaraan-kamu
3 Cara Melacak Nomor Polisi Kendaraan Bermotor Tanpa Harus Ke Kantor SAMSAT 3 Cara Melacak Nomor Polisi Kendaraan Bermotor Tanpa Harus Ke Kantor SAMSAT Reviewed by Ihsan on August 17, 2017 Rating: 5

No comments:

Silahkan komentar yang baik ya...!

Powered by Blogger.