Mengenal Jenis-jenis Lampu LED

Caratekno – Menurut ulasan laman Wikipedia lampu LED (light-emitting diode) adalah suatu semikonduktor yang memancarkan cahaya monokromatik yang tidak koheren ketika diberi tegangan maju.

Sederhananya adalah sebuah lampu yang mempunyai polaritas positif dan negatif yang bekerja pada arus searah (DC).

Dalam perkembangannya, LED sudah banyak digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Seperti monitor LED, lampu penerangan jalan/rumah/motor/mobil, bahkan sampai digunakan sebagai lampu hias.

Bahkan dimasa depan semua penerangan jalan dan rumah sudah menggunakan lampu LED dan kita tidak akan menggunakan lampu TL atau CFL lagi.

Mengapa Harus Menggunakan LED?

LED merupakan sebuah terobosan lampu hemat energi. Yang pasti lebih baik dan lebih hemat dari lampu penerangan yang biasa anda gunakan saat ini. Selain itu, LED juga tahan lama.

Silahkan anda bandingkan lampu LED 7 Watt dengan lampu CFL 7 Watt (lampu jari), mana yang lebih terang? Tulis dikomen ya!

Macam – Macam LED

Setelah kita tahu apa itu LED dan kelebihannya, kita akan masuk ke pembahasan macam-macam LED.

Bagi anda yang baru di dunia elektronika, Anda wajib tahu macam-macam LED. Karena hal ini adalah pengetahuan dasar.

LED DIP

LED DIP (dual inline package) adalah jenis LED yang masih banyak digunakan sampai sekarang dan merupakan jenis paling jadul. Untuk ukuran ada yang 3MM, 5MM, 8MM, dan 10MM.

LED DIP sendiri masih dibagi menjadi 2 varian, yaitu Super Bright (kaca transparan) dan Diffused (kaca berwarna, merah, hijau, kuning, dll).

LED SMD/ SMT

Jenis ini adalah yang paling baru. Ukuran LED SMD (Surface Mount Device) ini jauh lebih kecil dan lebih tipis sehingga bisa menghemat ruang ketika disolder ke papan PCB (Printed circuit board).

Jika dibanding dengan DIP, LED SMD/ SMT (Surface Mounted Technology) jauh lebih terang. Tapi kelemahannya mudah panas. Untuk ukuran ada banyak sekali, Anda bisa melihatnya disini. Tapi paling umum digunakan adalah ukuran SMD 2835 (2.8mm x 3.5mm), SMD 5050 (5.0mm x 5.0mm), SMD 5730 (5.7mm x 3.0mm).

Kesimpulan:

Perlu diketahui bahwa untuk masing-masing jenis dan warna LED DIP maupun SMD/SMT memiliki tegangan dan arus kerja yang berbeda. Jadi untuk penggunaannya Anda harus melihat datasheet untuk masing-masing jenis LED.

Referensi: bagusprehan.com/2018/02/macam-macam-led-light-emitting-diode.html

Mengenal Jenis-jenis Lampu LED Mengenal Jenis-jenis Lampu LED Reviewed by Ihsan on August 30, 2019 Rating: 5

No comments:

Silahkan komentar yang baik ya...!

Powered by Blogger.